Rabu, 05 Agustus 2009

TIPS & TRIK MELAKUKAN PERJALANAN



Kita selalu berkeinginan agar perjalanan nanti akan bisa “melunasi” semua biaya dan tenaga yang dikeluarkan. Namun sering kita justru terjebak dengan KUANTITAS tempat tujuan. Padahal sebenarnya yang paling baik adalah KUALITAS-nya.
Maksudnya adalah semakin banyak tempat tujuan maka semakin tidak focus pikiran kita pada tujuan tersebut. Kita akan selalu berpikir “Setelah ini apa ya?”. Padahal kita masih di suatu tempat yang belum kita gali habis. Akibatnya mental kita terbebani dan perjalanan akan menjadi kurang nyaman. Pengalaman menunjukkan jumlah tujuan perjalanan paling baik adalah dua (2) tempat saja atau paling banyak tiga (3). Lebih dari itu hal seperti yang disebutkan di atas akan dialami.


Merencanakan Perjalalan

1. Pilih tempat yang menarik untuk dikunjungi. Senantiasa berpikir bahwa biaya dan tenaga yang akan dikeluarkan sebanding dengan “value” tempat tujuan.
2. Diskusikan dengan calon teman seperjalanan tentang tujuan tersebut dengan maksud untuk mendapatkan “feed back”. Teman perjalanan akan ikut menentukan kenyamanan kita dalam perjalanan.
3. Lakukan survey sebelum memastikan tempat tujuan. Maksudnya adalah untuk mendapatkan gambaran situasi perjalanan dan menetukan logistic yang harus dibawa atau tidak perlu dibawa. Lakukan survey secara virtual dengan browsing di Internet, bertanya-tanya pada narasumber yang dipercaya atau menghubungi instasi yang berwenang.
4. Lakukan perhitungan anggaran biaya. Agar tidak “tekor” setelah melakukan perjalanan, anggaran biaya ini sudah diketahui sebelum kita berangkat. Rencanakan pengeluaran yang paling optimal, tetapi berhematlah sebisa-bisanya nanti dalam perjalanan.
5. Siapkan kendaraan untuk perjalanan yang jauh. Kondisi kendaraan dan suku cadang harus prima atau paling tidak memadai untuk perjalanan tersebut termasuk apabila ada deviasi-deviasi.


Selama Perjalanan

1. Ikuti semua hal yang yang sudah ditentukan dari survey, tetapi bersiaplah pada setiap deviasi. Perlu diingat bahwa anggaran perjalanan dibuat berdasarkan survey sehingga setiap deviasi akan mempengaruhi anggaran tadi. Apabila ada deviasi usahakan tidak cukup mempengaruhi anggaran biaya.
2. Bekerjasamalah dengan orang lain sebaik mungkin. Perbedaan pendapat yang kecil saja akan mempengaruhi kenyamanan. Yang dibutuhkan dalam perjalanan berombongan khususnya adalah sikap yang toleran dan leadership yang baik.
3. Sempatkan untuk mengabadikan dan menikmati setiap momen, pemandangan atau situasi. Hal inilah yang mematri ingatan kita dan sekaligus media bagi orang lain untuk ikut merasakan sensasi perjalanan.
4. Jaga kondisi fisik semua anggota perjalanan sebaik mungkin. Urusan logistic dan fasilitas MCK memegang peranan yang sangat penting. Ingatlah untuk selalu melakukan survey!

Sesudah Perjalan

1. Perbaiki dan simpan semua perlengkapan perjalanan ke tempat semestinya sehingga memudahkan kita untuk mencari apabila nanti diperlukan lagi.
2. Check kendaraan di bengkel untuk memastikan kedaan kendaraan sesudah perjalanan.
3. Buat album kenangan dan tulisan yang memadai untuk dokumentasi atau sharing dengan orang lain dalam Blog.

by Budi Prabowo

Tidak ada komentar: